Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ulasan Kami

Semua penggemar atau pengguna android di indonesia pasti sudah tahu bahwa android sudah meluncurkan android terbarunya yaitu android 7.0 nougat, pertanyaan mendasar dari pengguna android adalah apakah android ini akan lebih baik dari android sebelumnya, terutama marshmallow dan lollipop, dan disni kami tidak akan membandingkan tapi lebih tepatnya mengulas atau mereview dari android noughat 7.0 ini.
Untuk masalah desain dan sebagainya, sepertinya android nougat ini masih tidak terlihat perbedaan yang mencolok dengan android marshmallow, tetapi banyak perbaikan dari kekurangan marshmallow itu sendiri, selain itu juga terdapat berberapa fitur yang ditambahkan pada android ini, nah ini yang akan kami ulas, tentang perbaikan dan fitur-fitur yang di tambahkan, penasaran kan ? Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ulasan Kami.

Android 7.0 Nougat : Update menjadi lebih mudah

fitur android nougat update mudah
fitur android nougat update mudah
Pada versi android marshmallow kebawah, ketika melakukan update setelah kita selesai mendownload, kita harus menunggu lama ketika sistem menginstall update terbarunya, dan kali ini android 7.0 Nougat tidak seperti itu.
Ketika kita selesai mendownload semuanya, update bekerja pada background atau data latar belakang, sehingga tidak mengganggu aktifitas kita, kita hanya perlu  melakukan restart saja setelah itu android kita sudah terupdate, jadi ketika proses update, kita masih bisa menggunakan android seperti biasa, tanpa menunggu persentase pemasangan sistem terbaru. Tentu ini adalah salah satu penambahan fitur yang terbaik dari google android.

Android 7.0 Nougat : Multi Windows

fitur Android 7.0 multi window
fitur Android 7.0 multi window
Yup, multi windows ini adalah fitur yang tadinya hanya ada di beberapa smartphone saja, tetapi sekarang ketika kita sudah mendapatkan android nougat, kita bisa menggunakan fitur multi windows di semua smartphone yang menjalankan android nougat.
Penambahan fitur ini tentu sangat menyenangkan, karena smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi tetapi tidak ada fitur multi windows terasa percuma, sekarang smartphone apapun bisa, jadi spesifiaksi tinggi dan multi windows tentu ini akan menjadi menyenangkan, kita bisa membuka dua aplikasi sekaligus.
Multi windows dapat bekerja dengan posisi layar landscap atau portrait, tetapi pada mode landscap kita hanya bisa menggunakan layar 50/50 pada setiap app atau aplikasi.

Android 7.0 Nougat : Notifikasi yang lebih fungsional

fitur Android 7.0 notifikasi
fitur Android 7.0 notifikasi
Pada android 7.0 Nougat kita di berikan fitur yang lebih fungsional atau lebih bermanfaat dari sebuah nofitikasi, jadi ketika kita mendapatkan sebuah nofitikasi, kita langsung bisa membalasnya hanya dengan menekan notifikasi yang muncul.
Tidak hanya membalas pesan atau notifikasi, selain itu kita juga bisa melihat apa yang kita inginkan dari notifikasi tersebut, misal kita ingin melihat beberapa notifikasi yang ada pada facebook, kita tinggal menekan notifikasi tersebut dan jangan tekan replay, maka aplikais facebook akan terbuka dan kita bisa melakukan apa yang kita inginkan, ini tentu memudahkan kita.

Android 7.0 Nougat : Lebih cepat dan irit baterai

Sebenarnya fitur ini sudah di perkenalkan sejak marshmallow, tetapi dalam android nougat fitur ini bekerja lebih maksimal, fitur ini bekerja dengan baik pada android nougat, bahkan ketika layar menyala tetapi smartphone sedang tidak aktif, fitur ini bekerja dengan baik dalam menghemat baterai kita.
Bahkan ketika layar mati untuk beberapa waktu, fitur ini akan mengehentikan keaktifaan sistem yang berjalan di bakcground atau latar belakang, selain itu dengan fitur ini kita juga bisa menentukan aplikasi mana saja yang berjalan di background atau kita hentikan ketika tidak digunakan.

Android 7.0 Nougat : Mobile data atau data internet lebih hemat

Kita ketahui bahwa paket data atau mobile data perusahaan di indonesia sangatlah mahal, teruama provider-provider yang besar, ya memang begiutlah kenyataan hidup di indonesia, biayaya internet dari provider yang sangat mahal.
Nah tetapi android 7.0 nougat sepertinya memahami akan hal ini, mereka membuat fitur dimana ketika kita menggunakan internet dengan kuota atau tidak unlimited, Data Saver melakukan pemblokiran terhadap sebuah aplikasi yang berjalaan menggunakan internet, seperti twitter dan facebook yang selalu melakuakn cek pembaharuan, dan tentu ketika melakukan cek pembeharuan dari teman ini akan membuat mobile data termakan, disni peran data saver bekerja, mereka melakukan pemlokiran agar tidak melakuakan cek terus menerus. Kita juga bisa melakukan settings aplikasi mana saja yang tidak kita masukan ke data saver sehingga tetap pembaharuan akan muncul, dan tentu karena tidak semua aplikasi yang tidak di masukan, paket data akan menjadi lebih irit.

Android 7.0 Nougat : Emoji yang lebih banyak

emoji android Android 7.0
emoji android Android 7.0
Kali ini android 7.0 nougat memberikan tambahan pada emoji, tentu ini akan tambah menyenangkan, karena emoji merupakan salah satu bentuk expresi dari kita dan emoji pernambahan berupa emoji manusia pada andorid nougat ini, ini membuat kita bisa lebih expresif ketika berkomentar, chatting dll.

Android 7.0 Nougat : Tingkat keamaan yang meningkat

Kali ini security atau keamaan pada android nougat mengalami peningkatan, yap google memahami betul bahwa keamaan data-data peribadi pengguna android itu sangat penting, dan android nougat datang dengan keamaanan yang meningkat.
Ketika kita menghidupkan smartphone kita dan tidak memasukan pin atau password hanya beberapa app saja yang bekerjaa seperti sms, alarm dan sedikit lainnya, dan aplikasi atau app lain akan terkunci atau terencrypt, tetapi ketika kita sign in atau masuk menggunakan passwrod atau pin kita, kita bisa mengkases semuanya kembali. fitur ini juga mengamankan kita semisal mengalami hal buruk, seperti tercuri dengan menggunakan Android Device Manager.
Dan android nougat juga memberi kita keamaanan pada aplikasi nakal, sering kali kita menemukan bahwa aplikasi meminta ijin untuk mengakses foto-foto kita, nah pada android nougat, kita dapat memberikan akses terbatas pada foto-foto kita saja, sedangkan untuk foto-foto lebih pribadi pada sd card kita dapat mencegah aplikasi tersebut masuk ke foto-foto di dalam sd card kita atau foto-foto yang lebih pribadi.

Fitur-fitur Android 7.0 Nougat

Dari berbagai hal yang di jelaskan diatas, ada banyak fitur lain yang ada di android nougat, nah berikut adalah fitur-fitur android nougat.
  • SPLIT-SCREEN MODE
  • QUICK APP SWITCHING
  • NEW NOTIFICATIONS
  • QUICK REPLY
  • NOTIFICATION PRIORITY
  • SYSTEM UI TUNER
  • QUICK SETTINGS
  • DOZE MODE ON THE GO
  • LANGUAGE SUPPORT
  • EMOJI AND WALLPAPERS
  • SETTINGS MENU
  • SUGGESTIONS
  • DO NOT DISTURB
  • DATA SAVER
  • SEAMLESS UPDATES
  • MAINTENANCE RELEASES
  • RECENT APPS
  • VULKAN AND JAVA 8
  • JIT AND ART
  • DIRECT BOOT
  • ENCRYPTION
  • NUMBER BLOCKING
  • SCOPED DIRECTORIES
  • EMERGENCY INFO
  • BACKUPS AND ACCESSIBILITY
  • ANDROID FOR WORK
Mungkin kita akan membahasnya satu persatu dari fitur ini kedepannya, secara lebih rinci dan tentu cara penggunaanya, dan bagi teman-teman yang mempunyai masukan atau pengalaman tentang android nougat mungkin bisa share ke kami melalui kolom komentar, kami akan dengan senang hati menambahkan pada artikel kami, atau jika teman-teman ada pertanyaan, silahkan tanyakan ke kami di kolom komentar juga, kami akan berusaha menjawa sebisa kami

3 Responses to "Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ulasan Kami"